Gunung Guntur garut

Hai sobat,kali ini team kukurusuk akan coba menceritakan sedikit petualanganya ke gunung Guntur yang terletak di wilayah kabupaten Garut bagian barat dengan ketinggian sekitar 2.250 mdpl, gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang .

puncak1 2

Berdasarkan referensi di atas kami melakukan pendakian melalui jalur curug Citiis,sebelumnya kami berangkat dari Lamaran Karawang sekitar pkl 17:00  naik bis Primajasa jurusan Cikarang – Bandung turun di SPBU Kopel dengan biaya Rp 10000/orang nunggu beberapa saat sampai tiba bis Primajasa jurusan Lebak bulus – Garut turun di SPBU Tanjung Garut sekitar pkl 22:30 maklum terjebak macet di cicalengka dengan biaya Rp 40000/orang,kemudian kami istirahat di foodcourt SPBU bersama para pendaki lainya yang datang dari berbagai tempat seperti dari Bandung,Tanggerang dan Jakarta yang akan mendaki ke bebagai gunung yang ada di Garut seperti Papandayan,Guntur dan Cikuray.

Lobby foodcourt SPBU Tanjung Garut

Esok harinya sekitar pkl 06:30 perjalanan di mulai dari gerbang desa Tanjung kidul yang berada di sebalah kiri SPBU, sambil berjalan kami menunggu truk penambang pasir lewat,tak lama berselang muculah truk penambang pasir dan kami pun menumpang truk tersebut dengan biaya perorang Rp 10000.

gg2ternyata biaya tersebut sangatlah murah jika dibandingkan kita harus bejalan kaki melewati penambangan pasir yang berkelok – kelok banyak percabangan dan lumayan jauh,perjalana dengan truk ini sangat menyenangkan dengan pemandangan tambang pasir yang luas sambil berusaha menahan guncangan akibat jalan berbatu yang di lewati truk,waktu itu kami tak sempat melakukan pendaftaran di Basecamp gunung Guntur dikarenakan Basecamp masih tutup dan pak sopir terburu – buru mo narik pasir .

Setelah turun dari truk pasir di area penambangan paling ujung,kami bersantai sejenak di warung kopi yang berada di area penambambangan ,kemudian perjalanan di lanjutkan dengan melewati jalur dengan semak belukar dan ilalang di tepian sungai Citiis,hati –hati karena jalur ini menurun tajam menuju kawasan curug,berlanjut dengan jalur menanjak terjal berbatu besar dan banyak akar pohon berjulur sehingga sulit untuk di lewati.

IMG_20140622_080941disini terdapat basecamp volunteer untuk regestrasi ulang tetapi pada saat itu belu ada petugas satupun ,di sini pula kita dapat mengambil kebutuhan air untuk perjalan ke puncak dan turun esok harinya,pastikan anda mebawa air yang cukup karena disinilah sumber mata air satu – satunya.

2014-06-23 10.29.01

Curug Citiis

Setelah kami berhasil melewati hutan semak tersebut,tiba saatnya perjalanan summit attack disini terlihat jelas puncak gunung Guntur yang terlihat tak terlalu jauh dan menatang,namun ternyata asumsi itu salah pisan ,tanjakan menuju puncak itu sangant ekstrim dengan kemiringan semakin ke atas semakin curam dengan perjalanan melewati padang ruput kering di kiri kanan serta permukaan tanah yang  berpasir ,kerikil, berbatu dan berdebu,pastikan anda pandai memilih pijakan dan pandangan fokus ke depan karena sering ada batuan yang bergulir kebawah apalagi kalau pada saat kita naik ada pendaki lain turun usahakan jangan sejalur,pastikan pula anda membawa masker,slayer,atau apapun yang dapat melindungi anda dari debu yang berterbangan dan juga perlu di ingat di sini tidak ada shelter untuk beristirahat,dan yang paling utama jangan paksakan naik jika hari mendung atau turun hujan karena bahaya bila ada petir.

IMG_20150418_1248482014-06-22 08.58.07 IMG_20140622_091225

Setelah melalui perjuangan panjang dan melelahkan akhirnya kami sampai di puncak 1 sekitar pkl 11:30,kami bergegas mencari tempat untuk mendirikan tenda tempat kami akan bermalam,suasana pada waktu itu sudah ada beberapa tenda yang di dirikan oleh para pendaki lain,setelah mendirikan tenda dan memasak makanan dan minuman hangat,kami shalat zduhur berjemaah,setelah itu kami bersantai menikmati indahnya gunung Guntur.

2014-06-23 06.33.14 puncak guntur 99

Malam akhirnya tiba di sertai kabut pekat menyelimuti dan hujan rintik – rintik membasahi tenda kami,sekitar pkl 20;30 hujan berhenti langit cerah kembali ,kami keluar tenda untuk masak makanan dan minuman hangat,keramaian di puncak menyajikan pemandangan indah cahaya lampu senter para pendaki yang mengitari lembah puncak gunung dan kedipan lampu – lampu kendaran serta lampu rumah penduduk kota garut terlihat begitu memanjakan mata,dan ada pula para pendaki yang melantunkan beberapa lagu kesangan mereka dengan kerasnya,mebelah keheningan gunung Guntur,sungguh malam ini adalah malam yang takan pernah kami lupakan.

6Esok harinya kami naik kepuncak 2,melewati kawah gunung Guntur yang masih aktif menunggu sunrise muncul sambil mengambil beberapa foto, disinipula kami dapat melihat jelas puncak – puncak gunung lainya seperti puncak gunung Cikuray yang akan kami daki selanjutnya

Gunung Ciuray telihat dari puncak 2 gunung Guntur

Puncak 2

view

Puncak 1 telihat dari puncak 2

Kang agus sastra

setelah puas berfoto – foto kami pun memutuskan untuk segera turun gunung,dengan jalur sama dengan kemarin ,resiko kecelakan sangat jelas terlihat di depan kami turunan super curam berpasir bisa saja mencelakai kami atau pendaki lain yang kurang hati – hati untungnya pada hari itu tidak ada seorang pun yang mengalami kecelakaan baik dari team kami ataupun yang lainya,setelah kami sampai di curug Citiis kami menyempatkan diri untuk menikmati dingin dan segarnya air curug Citiis.

2014-06-23 10.18.07

Kang Wayan

setelah itu kami lanjutkan perjalan pulang dengan menumpang lagi truk penambang pasir.

2014-06-22 08.57.29

Demikian lah kisah kami waktu mendaki gunung Guntur semoga bisa bermanfaat bagi sobat hiker yang akan mendaki gunung Guntur ini,dan apabila anda mempunyai kisah menarik mendaki ke gunung – gunung lain anda dapat memposting tulisan anda di website ini, kirim aja via email ke yayansuhendar16@gmail.com

Narator : Kang Yayan suhendar

6. Adi Fauzi / PT BM

About Kang Yayan

My Home Is where the Tent is
This entry was posted in Hiking. Bookmark the permalink.